Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book. It has survived not only five centuries, but also the leap into electronic typesetting, remaining essentially unchanged. It was popularised in the 1960s with the release of Letraset sheets containing Lorem Ipsum passages, and more recently with desktop publishing software like Aldus PageMaker including versions of Lorem Ipsum.

Rabu, 04 April 2012

tugas softskill peta perekonomian indonesia

Peta Ekonomi Indonesia


1.Letak geografis di Indonesia
Indonesia adalah merupakan Negara kepulauan, dengan luas keseluruhan mencapai +/- 195 sampai 200 juta Ha. Dengan keadaan seperti ini dapat menjadikan kekuatan bagi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi di Indonesia, dan sebaliknya dapat menjadi kelemahan dan ancaman bagi Indonesia.
Banyaknya pulau akan menjadi kekuatan dan kesempatan, jika sebagian pulau-pulau besar merupakan kepulauan yang subur dan kaya akan hasil bumi dan tambang, dapat di olah dan dinikmati oleh banyak masyarakat Indonesia. Dengan kemampuan menggali dan memanfaatkan kekayaan alam yang ada di Indonesia akan memiliki banyak pilihan produk yang dapat dikembanganyasebagai komoditi perdagangan.
Namun kenyataanya itu juga dapat menjadi kelemahan, kekayaanya yang harusnya di nikmati oleh Negara tetapi kekayaan tersebut di nikmati oleh sebagian masyarakat saja. Belum lagi pengambilan kekayaan alam yang dilakukan oleh pihak asing secara illegal, yang secara geografis sangat sulit melakukan pengawasan secara biasa.

2. Mata pencaharian masyarakat Indonesia
Letak geografis yang strategis dan juga terdapat banyak pulau membuat mata pencaharian di Indonesia beraneka ragam. Banyak nya pulau di Indonesia ini membuat beberapa masyarakat Indonesia ber mata pencaharian sebagai petani. Hal ini di dukung atas subur nya tanah yang ada di Indonesia. Selain itu iklim yang cocok untuk berbagai jenis tanaman ini sangat menguntungkan bagi Negara Indonesia. Hingga pernah Negara Indonesia dapat mengexpor berbagai hasil bumi ini ke beberapa Negara. Namun, bukan hanya sebagai petani saja. letak Indonesia yang terdapat pada dua buah samudra ini terdapat hasil-hasli laut yang melimpah. Banyak nya jenis ikan yang terdapat di Negara ini dapat diexpor ke berbagai Negara di Indonesia.
Namun, komoditi yang dihasilkan dari sektor-sektor ini relative tidak memiliki nilai tambah yang tinggi, sehingga tidak dapat bersaing dengan komoditi yang dihasilkan sektor lain, sehingga sebagian masyarakat Indonesia yang memang bermata pencaharian di sektor pertanian (desa) semakin tertinggal dari rekannya yang bekerja dan memiliki akses di sektor industry (kota). Sehingga terlihat jelas perbedaan pendapatan yang mencolok pada masyarakat di Indonesia.


3. Sumber daya manusia
Sumber daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDM potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam pengertian praktis sehari-hari, SDM lebih dimengerti sebagai bagian integral dari sistem yang membentuk suatu organisasi. Oleh karena itu, dalam bidang kajian psikologi, para praktisi SDM harus mengambil penjurusan industri dan organisasi.
Sebagai ilmu, SDM dipelajari dalam manajemen sumber daya manusia atau (MSDM). Dalam bidang ilmu ini, terjadi sintesa antara ilmu manajemen dan psikologi. Mengingat struktur SDM dalam industri-organisasi dipelajari oleh ilmu manajemen, sementara manusia-nya sebagai subyek pelaku adalah bidang kajian ilmu psikologi.
Dewasa ini, perkembangan terbaru memandang SDM bukan sebagai sumber daya belaka, melainkan lebih berupa modal atau aset bagi institusi atau organisasi. Karena itu kemudian muncullah istilah baru di luar H.R. (Human Resources), yaitu H.C. atau Human Capital. Di sini SDM dilihat bukan sekedar sebagai aset utama, tetapi aset yang bernilai dan dapat dilipatgandakan, dikembangkan
4. Investasi
Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan dimasa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal.
Definisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Investasi diartikan sebagai penanaman uang atau di suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memproleh keuntungan. Pada dasarnya investasi adalah membeli suatu aset yang diharapkan di masa datang dapat dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi. Investasi bagi masyarakat Indonesia masih sangat lah kurang banyak di banding investor asing yang mencari keuntugan di Negara Indonesia. Kurang nya pengetahuan investasi merupakan factor kurang peduli nya masyarakat Indonesia pada investasi.


Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar